Cara Mengatasi Kegemukan dengan Mudah

Cara Mengatasi Kegemukan dengan Mudah
Cara Mengatasi Kegemukan dengan Mudah. Kelebihan berat badan atau kegemukan seakan tidak pernah habis ceritanya. Masalah selalu saja muncul bagi orang yang memiliki masalah dengan kegemukan seperti kesulitan untuk memilih pakaian yang pas, kurang percaya diri hingga masalah timbulnya penyakit. Kegemukan lebih memiliki pengaruh pada kaum hawa yang mana kalau mereka gemuk akan sulit untuk  membuat penampilan mereka menjadi cantik sehingga rasa percaya diri pun menghantui. Kebanyakan wanita yang memiliki masalah dengan kegemukan akan cenderung emosional dan mudah sekali tersinggung apalagi ketika disinggung masalah penampilan mereka.

Dalam dunia kesehatan, kegemukan mempunyai efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak penyakit yang mengintai pada orang yang mempunyai berat badan berlebih. Penyakit yang rentan menyerang diantaranya adalah penyakit deabetes, penyakit darah tinggi, penyakit kanker, hingga masalah dengan siklus bulanan atau menstruasi. Penyebab terjadinya kegemukan ada berbagai macam dan terkadang kebiasaan yang dilakukan juga bisa menjadi pemicu kegemukan. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai penyebab dari kegemukan, berikut ini sejumlah daftar penyebab kegemukan yang bisa dilihat agar nanti bisa menemukan cara mudah mengatasi kegemukan nantinya.


Penyebab Kegemukan

  • Kekurangan Tiroid
    Kekurangan kadar tiroid akan membuat lemak dalam tubuh sangat susah untuk dicairkan atau dibakar sehingga penumpukan lemak terus terjadi. Kekurangan tiroid dalam tubuh juga berdampak pada nafsu makan yang meningkat apalagi pada jenis makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Peristiwa ini lebih sering dialami oleh wanita yang mengakibatkan pada lambatnya pergerakan metabolisme dalam tubuh.
      
  • Kurangnya Asam Lemak Esensial
    Wanita memang cenderung mempunyai masalah dengan  kegemukan. Apalagi jika tubuh mengalami kekurangan lemak baik seperti asam lemak esensial penghasil hormon yang berfungsi merawat dan mempertahankan metabolisme dalam tubuh.
      
  • Pada Masa Monopouse
    Masa monopouse atau masa sudah tidak menstruasi lagi pada wanita biasanya menurunkan produksi hormon yang dimiliki. Pada sebagian wanita yang sudah monopouse, nafsu makn mereka menjadi meningkat. Hal inilah nantinya berpengaruh pada berat badan yang dimiliki.
      
  • Mengalami Gangguan Kartisol
    Peningkatan produksi hormon kartisol berdampak pada meningkatnya penumpukan lemak dalam tubuh khususnya pada bagian perut, wajah atau pundak.
      
  • Menggunakan Alat Kontrasepsi
    Wanita yang mengkonsumsi obat kontrasepsi atai pil KB cenderung mengalami kegemukan pada tubuhnya. Hal ini karena adanya pergantian hormon dan juga terjadi peningkatan hormon sehingga berpengaruh pada nafsu makan yang meningkat.
      
  • Gula Darah Yang Tidak Seimbang
    Nafsu makan yang meningkat yang tidak terkendali mengakibatkan pada gual darah yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan berat badan menjadi meningkat. Peningkatan kadar insulin dalam darah membuat seseorang menjadi sering lapar dan selalu berhasrat ingin makan.
      
  • Sedang Hamil Atau Menyusui
    Wanita yang sedang hamil atau menyusui biasanya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini karena wanita selalu menerima makanan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi wanita itu sendiri sekaligus kebutuhan janin dalam kandungan.

Kegemukan yang dialami tidak selamanya membuat orang merasa nyaman. Oleh sebab itu, ada berbagai cara dilakukan untuk mengembalikan postur badan seperti keadaan sebelum mengalami kegemukan kecuali wanita yang sedang hamil atau menyusui. Wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak memerlukan perawatan khusus karena berat badan akan turun dengan sendirinya ketika proses menyusui nanti. Akan tetapi, untuk kasus kegemukan lainnya diperlukan perawatan agar berat badan bisa kembali normal. Tidak perlu cara ekstrim untuk mengurangi lemak  dalam tubuh, karena ada cara mudah mengatasi kegemukan asal dilakukan dengan rutin dan telaten.


Cara Mengatasi Kegemukan

  • Olahraga
    Dengan berolahraga rutin, kegemukan sudah bisa diatasi. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga murah yaitu dengan cara melakukan jogging setiap hari 15 menit. Selain bisa mengurangi berat badan karena kegemukan, jogging juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan segar setiap harinya.
      
  • Konsumsi Serat
    Cara mudah mengatasi kegemukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat setiap hari maka akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan mengurangi nafsu makan dan lebih terkontrol.
      
  • Konsumsi Protein
    Makanan dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa dikurangi.
      
  • Minum Air Putih
    Air putih bersifat netral dan dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas sehari. Dengan banyak minum, maka akan mengurangi keinginan untuk makan-makanan yang berat dengan kalori yang tinggi.
      
  • Makan Teratur
    Makan teratur dengan tiga kali sehari dengan porsi yang pas dan terpenuhi nutrisi empat sehat lima sempurna akan menyeimbangkan setiap asupan yang diterima dan tentunya tidak berlebihan.
      
Silahkan anda coba salah satu tips mengatasi kegemukan dengan mudah diatas secara maksimal, maka mudah-mudahan hasilnya akan maksimal. Dan yang terpenting menjaga pola makan yang baik. Wanita yang sedang hamil terkadang ingin melahirkan secara sesar, tapi apakah anda tau apa penyebab dari operasi sesar? baca: Resiko dari Operasi Sesar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kegemukan dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel